Keutamaan Bulan Ramadlan Bagian Pertama

Posted by Ramadlan

BukaRahasiaBulanRamadlan.Blogspot.Com :: Keutamaan Bulan Ramadlan Bagian Pertama
Ramadlan adalan bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan Islam). Bulan Ramadlan ini  sangat istimewa bagi Ummat Islam karena terdapat banyak keutamaan di dalamnya. Ibarat petani, Bulan  Ramadlan adalah saat panen raya. Dibaratkan panen raya disebabkan bulan ini merupakan waktu dimana  berbagai amal kebaikan dilipat gandakan pahalanya jauh melebihi waktu-waktu diluar Ramadlan.  Berikut keutamaan-keutamaan Bulan Ramadlan tersebut;

1. Ramadlan adalah Bulan diturunkannya Al-Quran 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadlan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.(QS. Al Baqarah 183).

Jadi, Al-QUr'an itu pertama kalinya diturunkan ialah pada Bulan Ramadlan. dan karena itu pula Bulan Ramadlan mempunyai nama Bulan Qur'an [Syahrul Qur'an].
Ulama' juga sudah sangat banyak menjelaskan keutamaan membaca Qur'an pada Bulan Ramadlan, bahkan ada yang menyatakan bahwa Imam Syafi'i mengkhatamkan Al-qur'an pada Bulan Ramadlan sampai 60x dan bahkan ada juga yang menyatakan dalam perharinya Imam Syafi'i mengkhatamkan Al-Qur'an sampai 5 Khataman. ada juga yang menyatakan yang dilakukan Imam Malik mengkhatamkan Al-Qur'an 10x dalam sehari dan semua itu dilakukan karena besarnya pahala mengkhatamkan atau membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadlan atau Bulan Qur'an.

Baik, buat saat ini sekian saja penjelasan saya mengenai Keutamaan Bulan Ramadlan, dan Insya Allah akan saya sambung.

Artikel Tambahan dari artikel "Keutamaan Bulan Ramadlan Bagian Pertama"

Pollycarpus Tinggalkan Lapas Sukamiskin dengan Naik Taksi 
Pollycarpus Budihari Prijanto, terpidana kasus pembunuhan terhadap aktivis HAM, Munir Said Thalib, akhirnya meninggalkan Lapas Sukamiskin, Bandung, Sabtu (29/11) sekitar pukul 15.15. Pollycarpus meninggalkan lapas yang selama ini didiaminya dengan naik Taksi Gemah Ripah 687 bernopol D 1975 DB.
Mengenakan kaus oblong warna cokelat dan kacamata gelap, begitu keluar dari pintu depan Lapas Sukamiskin, Pollycarpus langsung dikepung sejumlah wartawan, kameraman, dan fotografer. Suasana pun begitu hiruk-pikuk.
Meski begitu, Pollycarpus sempat mengatakan beberapa kalimat kepada wartawan yang menanyainya. Menurut Pollcarpus, ia mengaku senang bisa mengantongi status bebas bersyarat.
"Sekarang saya mau langsung pulang ke rumah di Tangerang, terimakasih teman-teman," kata Pollycarpus.
Pollycarpus mendapatkan pembebasan bersyarat terhitung hari ini, Jumat (28/11/2014). Mantan pilot Garuda itu mendapatkan pembebasan bersyarat setelah menjalani delapan tahun masa hukuman dari vonis 14 tahun penjara.
Vonis 14 tahun penjara itu diputuskan Mahkamah Agung (MA) setelah Pollycarpus mengajukan Peninjauan Kembali (PK) terhadap kasus yang membelitnya.
Informasi tentang pembebasan bersyarat Pollycarpus dibenarkan oleh Kepala Seksi Bimbingan Klien Dewasa Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Bandung, Budiana. Menurut Budiana, Pollycarpus sudah melakukan registrasi ke Kantor Bapas di Jalan Ibrahim Adjie, Bandung, Jumat (28/11) sekitar pukul 11.00 WIB.
Meski demikian, Pollycarpus tetap harus menjalani wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan Bandung satu bulan sekali. Selain wajib lapor, Pollycarpus juga harus mematuhi semua aturan, termasuk tidak boleh pergi ke luar negeri.

Sekian Penjelasan Mengenai Keutamaan Bulan Ramadlan Bagian Pertama. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.


0 komentar:

Posting Komentar